CodingKu

Tutorial dan Informasi Seputar Pemrograman
Konsep Dasar Web

Konsep Dasar Web

Konsep Dasar Web

Pendahuluan

Web adalah salah satu aplikasi yang berisikan dokumen-dokumen multimedia (teks, gambar, animasi, video) di dalamnya yang menggunakan protocol HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan untuk mengaksesnya menggunakan perangkat lunak yang disebut Browser.

Internet adalah seluruh jaringan computer yang saling terhubung menggunakan standar system global TCP/IP sebagai protocol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

World Wide Web (WWW) adalah kumpulan situs yang saling terhubung yang dapat diakses public melalui jaringan internet.

HTTP (HyperTextTransfer Protocol) adalah protocol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW).

Sejarah Ditemukan Web

Pencipta WWW (World Wide Web) adalah  Sir Tim Berners-Lee, Sir Tim Berners-Lee menyusun sebuah sistem untuk mengorganisasi, menghubungkan, dan menjelajah dunia maya dalam komputer. Pada tahun 1991, Menemukan sistem alamat website beserta tampilannya di Swiss. Sir Tim Berners-Lee juga tercatat sebagai orang pertama yang membuat browser, server, dan kunci protokol untuk internet, Pada tahun 1994, Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusets Institute of Technology. Konsorsium ini mengkoordinasi pengembangan web di seluruh dunia.

Mekanisme WWW Bekerja

  1. Informasi disimpan di dalam dokumen yang sering kita sebut halaman web
  2. Halaman web adalah file-file yang disimpan dalam computer. Komputer tersebut dikenal dengan istilah web server
  3. Komputer yang mengakses isi dari halaman web disebut dengan web client.
  4. Web Client menampilkan halaman web dengan program yang dikenal dengan nama Web Browser seperti Chrome, Firefox dan Internet Explorer.

Perbedaan Web Statis dan Dinamis

  • Web Statis adalah jenis Website yang mana penggunanya tidak bisa merubah kontent dari Web tersebut secara langsung menggunakan Browser. Interaksi yang terjadi antara pengguna (client) dan server hanyalah seputar pemrosesan link saja.
  • Web dinamis adalah jenis Website dengan interaksi yang terjadi antara pengguna dan server sangat kompleks. Di mana seseorang (Client) dapat mengubah Content dari halaman tertentu dengan menggunakan Browser. Request yang dikirimkan oleh pengguna dapat diproses oleh server untuk kemudian ditampilkan dalam isi yang berbeda-beda menurut alur programnya.

Jenis Pemrograman Web

Client Side Scripting

Client Side Scripting adalah salah satu jenis bahasa pemrograman web yang proses pengolahannya dilakukan di sisi client. Proses pengolahan client side scripting dilakukan oleh web browser sebagai clientnya.

Contoh : HTML, XHTML, CSS, Javascript, XML(Extensible Markup Language).

Server Side Scripting

Server Side Scripting adalah bahasa pemrograman web yang pengolahannya dilakukan di sisi server. Maksud server di sini adalah web server yang didalamnya telah mengintegrasikan komponen web engine.

Contoh : ASP(Active Server Pages), PHP(Hypertext Preprocessor, JSP(Java Server Pages).

Komponen Penyusun Web

  • Bahasa Pemrograman (Client Side Scripting dan Server Side Scripting).
  • Web Editor digunakan untuk mengetikkan perintah perintah dokumen web. Dibagi menjadi 3 yaitu : Editor Teks (Notepad), Editor WYSIWYG (Dreamweaver), Editor berbasis template (Rapidweaver dan iweb).
  • Web Browser merupakan program yang berfungsi untuk menampilkan dokumen-dokumen web dalam format HTML. Ex: Google Chrome, Mozilla Firefox, IE, Opera, dll.
  • Image Editor adalah program aplikasi yang berfungsi untuk melakaukan pengolahan gambar/image. Ex: Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Flash, dll.
  • Web Server
  • Database Server

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *