CodingKu

Tutorial dan Informasi Seputar Pemrograman
Dasar Pemrograman Web

Dasar Pemrograman Web

Dasar Pemrograman Web Materi

HTML

Html adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-Lee Robert ketika mereka bekerja di CERN (lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa) pada tahun 1989.

Struktur Dasar HTML

Link

Dokumen html menggunakan hyperlink (anchor) untuk menghubungkan satu dokumen ke dokumen yang lain. Link merupakan suatu gambar atau teks yang terkait dengan suatu alamat tertentu. Jika link diklik maka dokumen HTML akan menuju ke alamat tersebut. Link ditandai dengan tag < a >.

Terdapat 3 jenis Link :

  1. Link Relatif
  2. Link Absolut
  3. Link ke Bagian Lain Dalam Dokumen

Link Relatif

Dibuat apabila membuat sebuah link pada halaman HTML ke halaman HTML yang lainnya di komputer yang sama, tanpa memerlukan alamat internet yang lengkap. Jika kedua halaman terletak pada direktori yang sama, dapat dituliskan nama file html sebagai berikut:

Link Absolut

Dibuat apabila membuat sebuah link ke halaman web lain di internet. Dalam hal ini alamat internet harus ditulis secara lengkap. Berikut adalah contoh:

Link ke Bagian Lain Dalam Dokumen

Link ini dibuat ketika sebuah dokumen HTML yang dibuat sangat panjang. Sehingga apabila ditampilkan dalam browser web akan mengharuskan pengguna melakukan scroll secara berulang kali. Navigasi untuk penelusuran dokumen dapat dimudahkan dengan membuat link antarbagian, dengan menandai setiap bagian tersebut dengan memberinya nama.

Gambar Sebagai Link

Link pada halaman HTML dapat juga dibuat dengan menggunakan image. Image dapat dimanfaatkan sebagai icon pada menu atau tombol lainnya yang dapat mempermudah pengguna ketika menggunakan sebuah halaman website. Contoh:

Tabel

Tabel digunakan untuk menyajikan data dalam bentuk baris dan kolom. Umumnya setiap kolom menunjukkan data sejenis dan setiap baris yang terdiri atas kolom-kolom menunjukkan kelompok data dalam satu kesatuan.

Contoh

Source Code

Form dan Input HTML

Form adalah elemen HTML yang digunakan untuk mendapatkan masukan dari pengguna web. Pengguna web dapat memasukkan input melalui halaman-halaman HTML. Form biasa digunakan untuk membuat aplikasi web berbasis database dan aplikasi pendaftaran. Untuk membuat form, digunakan tag awal <form> dan diakhiri dengan tag penutup </form>.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *